.
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Salam The KingAnda Bisa Menunda Untuk Berubah Karena Banyaknya Urusan. Tapi Hidup Tidak Pernah Menunda Urusannya Untuk Menunggu Anda Berubah. Sebuah rencana yang hebat dapat gagal hanya karena kurangnya kesabaran. ....
  • Salam The King: Jika anda tidak pernah merasakan kegagalan, itu artinya anda belum mengetahui artinya sebuah keberhasilan. ...
  • Salam The King: :Daripada Mengeluh Mawar bertangkai penuh duri, Lebih baik bergembira bahwa tangkai berduri itu berbunga mawar ...
  • Salam The King: Dunia ini ibarat sebuah lautan yang luas, dan kita adalah kapal yang berlayar dilautan yang telah banyak kapal karam didalamnya. Namun andai muatan kapal kita adalah iman,dan layarnya adalah takwa, yakinlah bahwa kita tidak akan pernah tersesat dilautan kehidupan itu. ...
  • Salam The King: :Jangan biarkan cintamu dalam ketakutan, percayalah bahwa akhirnya kamu dan dia akan hidup bersama. Saling percaya dan setia....
  • Kenangan Semasa SMK

    Sugeng rawuh/selamat datang di my Blogger,dapatkan informasi menarik setiap bulannya....

  • CAR FREE DAY Kota Klaten Bersinar

    Jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain walau terkadang qt sllu mrasa di rugikan, jangan berhenti,sebelum Allah benar-benar memberhentikan langkah dan hidup qt. Jangan gampang menyerah selagi msih bs brnafas dan msh kuat berdiri. ..

  • Foto Ijazah,keren kan :p

    Hallo,apa kabar rekan pengunjung blogger,semooga sehat-sehat semua,, semoga info yang saya update bermanfaat untuk kita semua.amin....

  • TEKNIK KOMPUTER dan JARINGAN.

    Selamat membaca-baca isi blog sederhana saya semoga sempat berkunjung kembali:) ...

visitor

free counters

Jam

Rabu, 11 Desember 2013

Program Switch Case C++ Volum Kerucut, persegi panjang

Posted by Handiyas Prabowo On 05.26 No comments

BAB I
PENDAHULUAN
A.   Dasar Teori
Perintah if berguna untuk memilih satu dari dua atau lebih alternative jawaban yang tersedia. Jika perintah if tersebut terdiri dari dua atau lebih pernyataan maka pernyatan tersebut harus berada di antara “{“ dan “}”.
Perintah if memiliki bentuk umum :
                 if (kondisi)
       pernyataan

          Bentuk diatas memiliki arti jika kondisi bernilai bener maka pernyataan dibawahnya akan dikerjakan. Jadi perintah if merupakan perintah yang menentukan pengambilan keputusan bahwa pernyataan itu akan dikerjakan atau tidak.
          Pada perintah if dapat pula diikuti oleh pernyataan yang majemuk. Untuk itu digunakan tanda “{“ dan “}” untuk menandai awal dan akhir pernyataan yang akan dikerjakan jika pernyataan benar.
Perintah if . . . else
Perintah if . . . else mempunyai bentuk umum sebagai berikut :
                       if (kondisi)
           pernyataan ke-1;
          else
           pernyataan ke-2;
         
Bentuk ini mempunyai arti, jika kondisi bernilai benar maka pernyatan ke-1 akan dikerjakan dan jika kondisi bernilai salah maka pernyataan ke-2 yang akan dikerjakan.
          Pada perintah if . . . else dapat pula di ikuti oleh pernyataan majemuk. Untuk itu digunakan tanda “{“ dan ”}” untuk menandai awal dan akhir pernyatan yang akan dikerjakan jika pernyatan benar.
  
Perintah if dalam if sering disebut nested-if. Perintah ini mempunyai bentuh sebahai berikut :
                 
                    if (konisi)
           if (kondisi)
             pernyataan ke-1;
           else
             pernyataan ke-2;
        else
           pernyataan ke-3;


Perintah if dalam if juga mempunyai bentuk majemuk yang sering disebut if bertingkat.

                   if (kondisi)
    

       Pernyataan ke-1;
        else if (kondisi)
           Pernyataan ke-2;
        else if (kondisi)
           Pernyataan ke-3;
        . . .
        else
           Pernyataan ke-n;


Perintah switch case
       Perintah switch merupakan pernyatan yang dirancang untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah pilihan alternatif yang diantaranya untuk menggantikan pernyataan if berikutnya.
          Ekspresi dapat berupa ungkapan yang bernilai integer atau bertipe karakter. Setiap konstanta ke-1, konstanta-2 sampai dengan konstanta integer atau konstanta karakter.
          Setiap pernyataan ke-1, pernyataan ke-2, sampai dengan pernyataan ke-n dapat berupa sebuah atau beberapa pernyataan.
          Pengujian pada switch akan dimulai dari konstanta ke-1. Apabila nilainya cocok dengan ekspresi maka pernyatan ke-1 akan dikerjakan.
          Perintah break menyebabkan eksekusi diarahkan ke akhir swicth kalau nilai konstanta ke-1 tidak sama dengan nilai ekspresi dan kemudian baru diteruskan pengujian dengan konstanta ke-2 dan seterusnya. Jika sampai pada pengujian akhir tidak ada yang cocok maka default akan berjalan.
          Jika pernyataan break tidak diikutsertakan pada setiap case maka walaupun konstantanya cocok dengan ekspresi, maka setelah pernyataan pada case tersebut dikerjakan akan dilanjutkan ke case berikutnya sampai ditemui pernyataan break pada akhir switch.

Switch (variabel)
{
Case 1 : pernyataan-1; break;
Case 2 : pernyataan-2; break;
………..
………..
Case n : pernyataan-n; break;
Default : pernyataan-m;
}

Listing Program

#include <iostream>
using namespace std;
#define phi 3.14
main()
{
int pilihan;
pilih:
cout <<"\n\n MENU :";
cout <<"\n 1. Volum Tabung  ";
cout <<"\n 2. Volum Kerucut ";
cout <<"\n 3. Keliling dan Luas Segitiga ";
cout <<"\n 4. Keliling dan Luas Persegi Panjang "<< endl;
cout <<" Created By Handiyas Prabowo"<<endl;
cout <<"\n Masukkan Pilihan Anda : "; cin >>pilihan;

switch(pilihan)
{
case 1 :
{
cout << " Program Volum Tabung"<<endl;
float r , t, volume;
cout << " Masukan Jari-jari : "; cin >> r;
cout << " Masukan tinggi : "; cin >> t;
volume = phi*r*r*t;
cout << " Volume tabung : "<<volume;
}
break;
case 2 :
{
cout << " Program Volum Kerucut"<<endl;
float r, t, volume;
cout<<"Masukan  jari-jari kerucut: ";
cin>>r;
cout<<"Masukan  tinggi kerucut: ";
cin>>t;
volume = phi*r*r*t/3;
cout << " volume : "<< volume;
}
break;
case 3 :
   {
cout << " Program Segitiga"<<endl;
float a, t,sAB,sBC,sCA , Ksegitiga, Lsegitiga;
cout<<"Masukan  alas segitiga: ";
cin>>a;
cout<<"Masukan  tinggi segitiga : ";
cin>>t;
Lsegitiga = 0.5*a*t ;
cout << "Luas Segitiga : " << Lsegitiga;
cout <<"\nMasukkan sisi AB = "; cin >>sAB;
cout <<"Masukkan sisi BC = "; cin >>sBC;
cout <<"Masukkan sisi CA = "; cin >>sCA;
Ksegitiga = sAB+sBC+sCA;
cout << " \nKeliling Segitiga : " << Ksegitiga;
}
break;
{
case 4 :
cout << " Program Persegi Panjang"<<endl;
float p, l, Lpersegipanjang, Kpersegipanjang;
cout<<"Masukan  Panjang : ";
cin>>p;
cout<<"Masukan  lebar : ";
cin>>l;
Lpersegipanjang = p*l;
   cout<<"Luas Persegipnjng: " <<Lpersegipanjang;
   Kpersegipanjang = (p+l)*2;
   cout<<"\nKeliling Persegipnjng: "<<Kpersegipanjang <<endl;
}
break;


//define:
{
cout <<"Pilihan yang anda pilih tidak ada ";
}
}
goto pilih;
}

0 komentar:

Posting Komentar